Formula Excel Dengan Referensi Sel Semi Absolute

Sel semi absolute yang di gunakan dalam formula jika di salin akan menyesuaikan dengan baris atau kolom yang tidak terkunci.
Sebagai bahan latihan coba langkah - langkah nya :
1. Buka workbook baru dan buat tabel seperti gambar di bawah ini yang di dalm workbook terdapat daftar tabel harga produk,

2. Tempatkan pointer pada sel B4. Ketikkan = kemudian pilih sel A4. Tekan tombol F4 pada keyboard berulang-ulang sampai referensi sel berubah menjadi $A4. Ketikkan * kemudian pilih sel B3. Tekan Tombol F4 pada keyboard berulang - ulang sampai referensi sel berubah menjadi B$3. Jika semua di lakukan dengan benar, dalam sel B4 akan terlihat bentuk formula seperti pada gambar di bawah ini.
3. Tekan tombol Enter. Sel B4 akan menampilkan harga 1 buah baju yaitu Rp. 50. 000. Nilai tersebut merupakan hasil perkalian data dalam sel A4 dan B3.
4. Untuk menghitung perkalian dalam kolom selanjutnya baris yang sama, tempatkan pointer pada sel B4, kemudian tekan kombinasi tombol Ctrl+C. Blok range C4 : E4 dan tekan kombinasi tombol Ctrl+V.
5. Untuk melengkapi daftar tabel harga product, blok range B4 : E4. Tekan kombinasi tombol Ctrl+C. Blok range B5:E13 kemudian tekan kombinasi tombol Ctrl+V.
Bentuk formula hasil salinan dalam sel E13 adalah =$A13*E$3. Baris pada jumlah produk akan menyesuaikan posisi sel hasil salinan sedangkan kolomnya tidak. Hal ini terjadi karena kolom A dalam formula terkunci ( $A). Kolom pada referensi harga produk akan menyesuaikan sel hasil salinan, sedangkan barisnya tidak. Hal ini terjadi karena baris 3 dalam formula terkunci ( $3 ).

Lanjutkan membaca "Cara menggunakan formula excel dengan referensi sel absolute"
Share this article :
 

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA | Download| Daftar Isi
Copyright © 2010. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger